Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 15 Oktober 2011

peranan dan manfaat hewan coba


PERANAN DAN PEMANFAATAN HEWAN COBA

Hewan coba didefinisikan sebagai hewan-hewan yang dipelihara untuk digunakan dalam percobaan, misalnya dalam suatu penelitian, diagnostik,  ataupun praktikum mahasiswa .
Pemanfaatan Hewan Coba
1.    Sebagai hewan coba dalam penelitian-penelitian Biologis dan Medis .
Berbgai jenis hewan coba sangat bermanfaat dalam penelitian-penelitian biologi dan medis (Kedokteran,kedokteran gigi,hewan dan farmasi) karena banyak hal dapat dilakukan dengan menggunakan hewan coba tersebut.Namun harus diingat bahwa penggunaan hewan coba berarti menyebabkan penderitaan hewan tersebut,sehingga setiap kali harus dipertanyakan apakah dalam percobaan atau penelitian tersebut mutlak digunakan hewan coba atau tidak .
2.    Sebagai hewan model
Hewan sebagai model dimaksudkan untuk penggunaan bagian,organ atau sistem tertentu dari hewan coba sebagai model yang sama dengan manusia .
Telah diketahui bahwa berbagai,organ,atau sistem pada manusia itu dapat dipelari pada hewan dan kemudian diekstrapolasikan ke manusia.Cara ini telah memunculkan banyak penelitian-penelitian yang telah menghasilkan banyak sekali penemuan yang mendatangkan manfaat bagi manusia .Cara ini telah memunculkan banyak penelitian-penelitian yang telah menghasilkan banyak sekali penemuan yang mendatangkan manfaat bagi manusia.Kita harus berusaha menjaga agar hewan yang digunakan dala penelitian,pendidikan dan uji coba sesedikit mungkin mengalami penderitaan dan atau kesakitanselama digunakan .
            Upaya implementasikannya dilakukan dengan 3 R (Replacement,Reduction dan Refinement) dalam merencakan dan melaksanakan aktivitas ilmiah menggunakan hewan coba .
            Replecemet adalah hewab coba tidak digunakan apabila tujuan dari suatu riset dapat dicapai tanpa menggunakan hewan coba,Reduction adalah jumlah hewan coba  yang digunakan harus diusahakan sesedikit mungkin,Refenement adalah upaya memperingan rasa sakit,penderitaan atau gangguan lain yang ditimbulkan  akibat perlakuan dalam aktivitas ilmiah .




















PETUNJUK PENANGANAN HEWAN PERCOBAAN

A.   Cara Bekerja Dengan Hewan Percobaan
1.    Setiap orang,baik praktikan maupun peneliti yang bekerja di laboratorium yang menggunakan hewan percobaan hendaknya membaca
·         Petunjuk memelihara dan menggunakan hewan percobaan .
·         Dasar-dasar pemeliharaan hewan percobaan
2.    Perlakuan hewan dengan kasih sayang dan jangan sekali-kali menyakiti .
3.    Cara perlakuan hewan percobaan :
3.1  Kelinci dan marmut
Jangan sekali-kali memegang telinga kelinci karena syaraf dan pembuluh darah dapat terganggu .
3.2  Tikus dan mencit
Peganglah pada ekornya,tetapi hati-hati,jangan sampai hewan tersebut membalikkan tubuhnya dan menggigit anda.Karena itu selain ekornya,pegang juga bagian leher belakang dekat kepala dengan ibu jari dan telunjuk .
4.    Menggunakan kembali hewan yang telah digunakan
Untuk menghemat biaya,bila mungkin,diperbolehkan menggunakan hewab percobaan lebih dari sekali.Walupun demikian,jika hewan tersebut telah digunakan dalam percobaan sebelumnya masih berada dalam tubuh hewan,kemungkinan hail percobaan berikutnya akan memberikan data yang tidak benar.Hal ini terutama terjadi pada kasus pemberian barbiturate yang menyebabkan induksi enzim.Dengan dalih ini maka hewan percobaan tersebut baru boleh digunakan untuk percobaan berikutnya setelah selang waktu minimal 14 hari.Disamping itu,kelinci harus digunakan sebagai alternative untuk cara pemberian internal maupun eksternal,meskipun percobaan menjadi tidak berurutan .
B.   Memberi Kode Hewan Percobaan
Seringkali diperlukan untuk mengidentifikasi hewan yang terdapat dalam satu kelompok atau kandang,sehingga hewan-hewan percobaan perlu sekali diberi kode.Gunakan larutan 10% asam pikrat dalam air dan sebuah sikat atau kuas .
Punggung hewan dibagi menjadi tiga bagian :
1.    Bagian kanan menunjukkan angka satuan
2.    Bagian Tengah menunjukkan angka puluhan
3.    Bagian kiri menunjukkan angka ratusan
C.   Memusnakan Hewan
1.    Cara terbaik untuk membunuh hewan ialah dengan memberikan suatu anestetik over dosis.Injeksi Barbiturat (Natrium Pentobarbital 300 mg/ml) secara intravena untuk kelinci dan anjing,secara intraperitonial atau intrathoracial untuk marmut,tikus dan mencit atau dengan inhalasi menggunakan kloroform,karbon dioksida,nitrogen dan lain-lain dalam wadah tertutup untuk semua jenis hewan tersebut .
2.    Hewan disembelih,kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik dan dibungkus lagi dengan kertas,diletakkan di dalam tas plastik,di tutup dan simpan dalam lemari pendingin atau langsung diabukan .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards