Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 15 Oktober 2011

TP etnofarmasi


1.    Pengertian Etnofarmasi 3 literatur?
Jawab : 1. Etnofarmasi merupakan disiplin ilmu yang mencakup farmakognosi,  farmasetik (terutama yang berkaitan dengan sediaan galenik), pemberian obat, toksikologi, bioavaibititas dan metabolisme serta farmasi praktis atau farmasi klinis (Heinrich, 2007).
2.    Etnofarmasi adalah studi tentang bagaimana masyarakat suatu etnis atau wilayah dalam menggunakan suatu tanaman obat atau ilmu multidisiplin yang mempelajari penggunaan obat-obatan terutama obat tradisional oleh suatu masyarakat lokal (etnik).
3.    Etnofarmasi adalah Suatu interdisipliner ilmu pengetahuan  berkenaan dengan studi kefarmasian yang mempertimbangkan hubungan dengan factor penentu budaya yang mengenali penggunaan suatu obat oleh manusia berdasarkan kelompok da identifikasi serta kategorisasi bahan alam yang akan diproduksi dan diklaim berkhasiat dalam penggunaannya sebagai obat.
2.  Jelaskan Etnofarmasi yang ada di dunia?
Jawab : - Pengobatan Ayurveda
Ayurveda adalah ilmu pengobatan yang sangat lengkap yang meliputi teknik operasi dan pembedahan, terapi warna dan aroma, serta ilmu gizi dan gaya hidup sehat. Dalam Ayurveda kita juga akan menemukan bahasan yang lengkap prihal asal-usul penyakit dan teknik penyembuhannya. Ayurveda memberikan treatment alami untuk semua jenis penyakit yang disebabkan oleh ketidakkonsistenan fisiologi dalam tubuh. Sehingga penyembuhan penyakit dari teknik Ayurveda terletak pada sifat-sifat alamiah badan itu sendiri. Alam dan badan ini tersusun dari lima elemen dasar, yaitu; Akasha, Bayu (udara), Agni (api), Jala (air) dan Prthivi (bumi). Dari lima unsur tersebut, hanya tiga unsur yang memegang peranan penting dalam pembentukan dan deformasi alamiah, yaitu; Bayu (udara), Agni (api), dan Jala (air). Berdasarkan prinsip yang sama, sistem Ayurveda mengeliminir sumber segala penyakit yang didasarkan pada tiga Dosha, yaitu: vata (udara yang ada dalam tubuh), pita (api atau panas dalam tubuh) dan kafa (air dalam tubuh).
-          Pengobatan Jepang dengan kampo 
kampo adalah fitur penting dari praktek medis modern di Jepang. Hampir semua apotik Jepang membawa formula herbal tradisional dan memiliki apoteker pada staf terlatih dalam metode tradisional resep.
-       Pengobatan Tradisional Cina dan "Chi"
Pengobatan tradisional Cina (TCM) adalah sistem yang kuno medis memerlukan pemahaman yang mendalam dan pola-pola hukum alam dan berlaku mereka ke tubuh manusia. TCM tidak “New Age”, dan tidak pula yang campur aduk dari berbagai penyembuhan modalities. TCM adalah sistem yang lengkap medis yang telah dilakukan selama lebih dari lima ribu tahun.
Di jantung TCM adalah paham bahwa akar penyebab penyakit, mereka tidak gejala, harus diobati. Dalam istilah modern-hari, TCM adalah dalam pendekatan holistik, yang dilihat setiap aspek dari orang-tubuh, pikiran, semangat, dan emosi-sebagai bagian dari satu lingkaran lengkap daripada loosely terhubung ke bagian diperlakukan secara individual.
Berikut ini adalah pengenalan singkat ke beberapa istilah dan konsep kunci dalam obat tradisional Cina.

-       Thibbun Nabawi

Istilah Thibbun Nabawi dimunculkan oleh para dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah, sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurofat.Thibbun Nabawi adalah metode pengobatan yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada orang yang mengalami sakit tentang apa yang beliau ketahui berdasarkan wahyu.
Metode pengobatan yang digunakan Nabi Muhammad Saw. saat mengobati sakit yang dideritanya, atau beliau perintahkan kepada keluarga serta para sahabat yang tengah sakit untuk melakukannya. Adapun sumber yang dapat dijadikan rujukan adalah Al-Qur’an, hadits shahih serta atsar para sahabat yang diriwayatkan melalui jalan yang dapat dipertanggungjawabkan menurut kaidah-kaidah ilmu hadits. Ibnu Qoyyim berkata dalam Zaadul Ma’ad (IV/33), “Pengobatan cara Nabi Muhammad Saw. memiliki perbedaan dibanding dengan metode pengobatan lainnya. Karena metode ini bersumber dari wahyu, misyakat kenabian dan akal yang sempurna, maka tentu memiliki derajat kepastian yang menyakinkan di samping memiliki nilai keilahian, berbeda dengan metode pengobatan lainnya yang umumnya hanya berdasarkan pikiran, dugaan atau pengalaman semata-mata.” (Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali, 2009)
3.      Jelaskan system pengobatan etnofarmasi pendekatan holistik, dingin, panas, lembab, dan kering, serta pendekatan holistik dengan keseimbangan alam dan kualitas alam.?
Jawab : System pengobatan etnofarmasi pendekatan holistic dengan keseimbangan alam dan kualitas alam adalah suatu metode penyembuhan dengan memanfaatkan keseimbangan alam atau bahan-bahan yang ada di alam tanpa campuran bahan kimia. Misalkan saja penyakit batuk yang bersifat panas dapat di obati dengan daun mint yang bersifat dingin, penyakit rematik yang bersifat dingin di obati dengan cabe yang bersifat panas, cocor bebek untuk mengobati kemandulan, kunyit untuk penyakitkuning dan masih banyak lagi.
4.      Pilih 5 penyakit dan 3 tanamannya?
Jawab : Nama Penyakit :
·           muntah darah
·           batuk dan sariawan
·           penyakit kanker
·           rematik
·           tekanan darah tinggi
Nama Tanaman :
·           Daun dewa (Gynura Segetum)
·           Saga (Abrus precatorius)
·           Pegagan (Cantella asiatica Urban) Mengobati

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards